Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem
informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri
sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk
SIA pada sebuah organisasi antara lain :
§
Mengumpulkan
dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
§
Memproses
data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan
keputusan.
§
Melakukan
kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan
dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi
keuangan.
SIA terdiri dari 3 subsistem:
§
Sistem
pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi bisnis harian.
mendukung proses operasi bisnis harian.
§
Sistem buku
besar/ pelaporan keuangan
menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan
laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
§
Sistem
pelaporan manajemen
yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai
laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk
pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan
pertanggung jawaban.
Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen memproses
berbagai transaksi non-keuangan yang tidak bisa diproses oleh SIA biasa. tapi
bagaimana juga sistem juga di lakukan dengan kerja bersama time dengan
mendukung semua ide dari masing2 group yang melakukan kerja dilapangan dan
bagaimana kita memberikan semangat yang tinggi buat karyawan perusahaan
Cara Kerja
Untuk memahami bagaimana SIA bekerja, perlu
untuk menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :
§
Bagaimana mengoleksi data yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi
organisasi?
§
Bagaimana mentransformasi data kedalam informasi sehingga manajemen dapat
menggunakan untuk menjalankan organisasi?
§
Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ?
Manfaat
Sebuah SIA menambah nilai dengan cara :
§
Menyediakan
informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama
pada value chain secara efektif dan efisien.
§
Meningkatkan
kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
§
Meningkatkan
efisiensi
§
Meningkatkan
kemampuan dalam pengambilan keputusan
§
Meningkatkan
sharing knowledge
§
menambah
efisiensi kerja pada bagian keuangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar